Yuk Bikin Portal Berita atau Blog Posluhdes yang anda kelola...!

Ilustrasi Pengembang Situs
Ilustrasi Pengembang Situs [photo oleh Hostinger]

Anda adalah admin atau pengelola Posluhdes? Sudahkah anda memiliki website portal, blog berita untuk Posluhdes masing-masing? Jika belum, ayo buatlah sekarang, banyak keuntungan yang anda dapatkan terutama berbagi informasi tentang kegiatan Penyuluhan. Ingin tahu apa saja keuntungan yang akan anda dapat dari membuat website/blog atau portal? Simak yuk, artikel berikut ini.

Sebagai Portal Informasi Kegiatan dan Berita

Tahukah anda, sesuatu paling candu di era global selain uang dan hubungan sosial, adalah informasi. Terkadang informasi lebih berharga dibandingkan uang. Jika anda adalah admin atau pengelola Posluhdes dan ingin segala kegiatan anda tercatat dan terpublikasi, anda harus memberikan informasi tentang segala kegiatan tersebut kepada publik.

Informasi dalam setiap kegiatan adalah ibarat pintu utama menuju tidakan apresiasi pihak lain bahkan jika anda ingin hasil perkembangan Posluhdes anda di ketahui banyak orang.

Bagaimana orang bisa mencari tahu tentang kegiatan Posluhdes anda jika tidak ada akses/portal informasi menuju Posluhdes tersebut?

Posluhdes tentu masih asing di telinga masyarakat kecuali yang aktif mencari tau informasi dan kegiatan pertanian di perdesaan, untuk itu penting membuat website.

Website adalah cara jitu untuk menjejalkan informasi sebanyak-banyaknya dan sejelas mungkin mengenai kegiatan dan perkembangan anda. Informasi bisa berupa jenis produk hasil tani, kegunaan, manfaat, keunggulan hasil tani dibanding yang lain, dan sebagainya.

Melalui website, informasi dapat dipertukarkan secara responsif. Anda berlaku sebagai penyedia informasi, sedangkan masyarakat adalah penerima informasi sekaligus pengambil keputusan.

Siapapun yang penasaran dengan Kegiatan Pertanian dan Penyuluhan anda, mereka akan mencarinya di mesin pencari atau tautan yang anda bagikan. Selain itu, jika Posluhdes anda memiliki sosial media khusus, anda dapat memberikan tautan internal yang diarahkan langsung ke website anda.

Komunikasi interaktif

Kotak komentar, live chat, dan form kontak adalah beberapa cara komunikasi melalui website. Komunikasi dapat anda jalin baik itu dengan pengunjung, calon pelanggan maupun rekan-rekan anda sesama Penyuluh pertanian, Para petani yang memerlukan informasi anda hingga calon pembeli produk hasil tani dan bisa jadi calon investor yang ingin berinvestasi di Posluhdes anda.

Website dan Blog memberikan fasilitas kolom komentar untuk membangun kedekatan dengan pengunjung. Di kolom tersebut, mereka dapat menyampaikan kritik, saran, pertanyaan, hingga testimoni terkait kegiatan dan hasil pekerjaan anda. Sedangkan live chat dapat ditambahkan jika anda tidak keberatan untuk di hubungi secara privat mengetai Posluhdes.

Live chat mempermudah komunikasi pengunjung yang ingin mencari tahu lebih jauh tentang kegiatan/produk dan kegiatan penyuluhan anda. Layanan seperti ini menjadi nilai tambah dari sisi pengunjung dan audiens.

Brand Awareness

Telah disampaikan pada poin sebelumnya bahwa awareness dapat diraih melalui informasi yang kita sebarkan. Tahukah anda mengenai piramida terbalik marketing komunikasi? Brand awareness adalah elemen paling awal dari piramida tersebut, sedangkan tahapan paling akhir marketing komunikasi adalah brand loyalty. Di tengah keduanya terdapat brand knowledge dan perceived quality, tingkat dimana konsumen mengetahui lebih dalam kegunaan serta kualitas brand.

Singkatnya, brand loyalty atau loyalitas konsumen terhadap Posluhdes tidak akan terwujud jika mengabaikan tingkat brand awareness dimana informasi adalah bahan bakar utamanya.

Kredibilitas brand meningkat

Anda ingin Posluhdes yang anda kelola dapat memenangkan perhatian masyarakat? Meskipun tidak dengan cara singkat, hal itu dapat terwujud. Caranya? Buatlah website atau blog! Punya website sama artinya Posluhdes anda akan meningkat kredibilitasnya.

Orang tak akan ragu mempercayakan kebutuhannya pada Posluhdes anda. Dengan memiliki website atau blog, eksistensi brand anda di pangsa pasar akan bertahan lama. Tidak akan ada istilah sepi pengunjung jika usaha anda telah di-online-kan. Yang lebih luar biasa lagi, jika website anda memiliki ekstensi nama domain yang mudah di ingat.

Memahami Pola pengunjung dan Masyarakat

Keuntungan membuat website dan blog berikutnya, anda dapat memahami pola aktivitas pengunjung di website atau blog anda. Anda dapat memonitor topik dan artikel apa saja yang sering diakses oleh pengunjung dan masyarakat, seberapa banyak website anda diakses dalam seminggu, serta dapat mengetahui dari mana mereka mengetahui Posluhdes da kegiatan anda.

Jangkauan Target Market Luas

Memang tak perlu diragukan lagi kemampuan dari jaringan internet. Semua bentuk online marketing akan merasakan kemudahan dari segi jangkauan target market. Sekali anda upload materi ke website, calon konsumen dari manapun dapat anda jangkau. Calon klien di seluruh dunia dapat mengaksesnya. Tenang, kontrol tetap ada di tangan anda apabila anda hanya menargetkan pengunjung konsumen lokal. Jika dibandingkan dengan strategi promosi konvensional, tentu akan jauh berbeda.

Strategi Marketing Variatif

Online marketing memang tak ada matinya. Berbeda dengan hard selling secara tatap muka, strategi promosi melalui internet dinilai lebih ampuh dan variatif. Cara-cara unik dapat anda adopsi dan praktekkan setiap saat. Ingat, hard selling memang jitu, namun cara soft selling dan engaging dengan klien jauh lebih awet dan jangka panjang.

Jika sudah memiliki website, anda bebas membangun creative campaign yang bermacam-macam untuk meningkatkan awareness brand Polsluhdes anda. Contohnya, kuis terkait Posluhdes dan Pertanian, lomba, promo/diskon, voucher, dan sebagainya yang terpusat pada satu platform yakni website atau blog anda.

Photo Ilustrasi

Go Online, Go International

Selain kemudahan yang ditawarkan oleh situs website atau blog online, mempublikasikan Posluhdes melalui website atau blog artinya Go International.

Pernah dengar produk hasil pertanian, kerajinan, produk hasil tani atau  lokal mendapat permintaan luar negeri hanya berawal dari blog kecil? Dan kini pengelola blog itu sudah kaya raya dan beliaupun sudah mendapat banyak apresiasi oleh masyarakat setempat bahkan oleh pemerintah secara nasional. Silahkan Google untuk cari tau ya...

Hmmm, menggiurkan bukan? Sudah siap brand anda diakses seluruh orang di penjuru dunia? Tak hanya itu, di dalam negeri anda turut menyukseskan program pemerintah menciptakan ekosistem ekonomi digital.

Cara dan mulai dari mana?

Baiklah, karena artikel ini terbitnya pertama kali di Blog Jarkomluhdes dan Juga Portal Blog Posluhdes Karangtawang, Maka sebaiknya penulis menyarankan untuk menghubungi Admin sekaligus Web Master atau orang yang membangun ini sendiri.

Beliau adalah Saipul Bakri yang menjalankan bidang usaha Pengembang Situs dan secara swadaya ikut membantu dan perpartisipasi sebagai operator dan teknisi untuk Posluhdes Karangtawang. Beliau juga adalah bagian Tim Support Junior untuk Jarkomluhdes. Anda yang telah membantu mengembangkan Blog Blog.Jarkomluhdes.id, Portal Posluhdes Karangtawang, Admin di Funpage Facebook @Jarkomluhdes dan @PosluhdesKarangTawang juga mengembangkan Webmail Client di mail.jarkomluhdes.id .

Harus bayar berapa?

Jika anda menggunakan Jasa Webmaster yang beriklan di luar sana, Harga yang di patok cukup mahal itu baru pembuatannya saja. Belum termasuk biaya pengelolaan, biaya input data dan Design. biasanya tidak kurang dari 2 juta untuk biaya setup saja. belum pengelolaan tiap bulan!

Namun dengan Bapak Saipul Bakri ini sangat murah dan tidak membebankan. Apalagi dia sangat tau kondisi Posluhdes di desa-desa kebanyakan adalah Penyuluh Swadaya sehingga memang tidak memiliki anggaran tetap/khusus baik dari Dinas di tingkat manapun bahkan sebagian besar tidak ada anggaran dari Pemdes masing-masing. Jadi kebanyakan Posluhdes itu kerja bakti.

Dalam kasus Portal Posluhdes Karangtawang, beliau hanya mematok hanya Rp150.000 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) tiap bulan! Tidak ada biaya design, biaya kelola dan lain sebagainya. Istilah yang beliau gunakan uang rokok atau uang kopi, karena dua barang itu peneman beliau mengerajakan Portal Blog Posluhdes Karangtawang.

Posluhdes Karangtawang hanya memakai domain dan host gratisan di Blogspot, namun bagi para admin yang ingin tampil lebih keliatan profesional punya nama domain sendiri seperti .com atau .id tinggal bayar nama domain pertahun... Untuk Domian .com (dot com - com bermaksud company atau community) hanya Rp150.000/tahun dan Domain .id (dot id - domain indonesia) Rp300.000/tahun.

Admin Posluhdes cukup memberikan materi dan laporan kegiatan dalam bentuk file word dan 2-3 gambar/photo buat di pajang pada setiap artikel di Portal, dan beliau siap membantu untuk input dan mempublikasikanya. Tidak perlu mengerti bahasa programan dan design, semua itu beliau mengurusinya.

Mengenai Design dan Tampilan Blog/situs, ini felxible jada dari beliau namun tetap bisa meminta hal-hal yang dasar seperti penggunaan warna sesuai selera Admin Posluhdes, Bahkan Logo pun di bantu dibuatkan oleh beliau!

Satu hal yang menarik, Tampilan semua situs-situs buatan beliau responsive. Responsive artinya, ketika website atau blog tersebut di akses oleh perangkat manapun dengan ukuran layar apapun, tampilan website atau blog tidak pecah dan otomatis mengikuti layar dan ini yang membuat pengunjung dimanjakan dan nyaman berlama di situs buatannya.

Tampilan Website Portal Posluhdes Karangtawang Responsive dan Fleksibel
Tampilan Website Portal Posluhdes Karangtawang Responsive dan Fleksibel

Oleh karena biayanya cukup murah tiap bulanya dimana admin kira tidak masalah bagi Admin Penyuluh itu sendiri untuk menghargai hasil jerih payahnya sebagai pengembang situs hanya Rp150.000/Bulan, oleh kerena biaya itu terlalu murah dan tidak sebanding pekerjaanya, biasanya setelah 3 bulan webiste atau blog posluhdes berjalan, beliau meminta ijin untuk memasang 2-3 iklan yang tidak mengganggu di Blog Posluhdes tersebut dan mungkin dari sanalah penghasilan beliau untuk mencukupi membantu biaya-biaya jasanya yang kalau di bandingkan dengan harga pasaran saat ini yang sangat mahal.

Oh ya, harga segitu hanya berlaku untuk Website atau Blog untuk Posluhdes aja ya... Jika pengen buat website atau blog untuk tujuan lain tentu harganya berbeda meski cara kerjanya sama....

Tidak mau panjang lebar silahkan aja kontak orangnya sebagai berikut:

Saipul Bakri suka di panggil "Syah"
Nomor HP/Whatsapp 0816-764-457

Semoga bermanfaat ya....

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post