Vmeet PRO adalah Program Konferensi Video Jarkomluhdes membantu penyuluh pertanian Indonesia

Kegiatan Konferensi Video Jarkomluhdes bersama Penyuluh dari Provinsi Jawa Barat
Kegiatan Konferensi Video Jarkomluhdes bersama Penyuluh dari Provinsi Jawa Barat
Vmeet PRO adalah program konferensi video (video conference) yang dikembangkan oleh perusahaan digital media bernama Softfoundry yang berbasis di Singapura. Selain di Singapura, VMeet PRO juga tersedia di Indonesia (https://vmeetconference.com/id/)

Berbeda dari program video conference kebanyakan yang berada dipasaran (seperti Yahoo Messenger) yang digunakan untuk keperluan personal, VMeet PRO didesain sebagai program video conference yang mampu digunakan oleh banyak orang sekaligus namun dengan penggunaan bandwith yang rendah karena adanya penggunaan Vmeet PRO Codec Video SFDV++. Menggunakan enkripsi AES 256 untuk menjaga keamanan video conference yang dilakukan.

Saat ini ada banyak aplikasi chatting dan video call yang tersedia di pasaran. Mayoritas aplikasi chatting dan video call memang diperuntukkan bagi perorangan. Penggunaannya yang mudah dan fleksibel membuat pengguna tergila-gila dengan fitur yang disediakan.

Begitu juga dengan sistem video conference yang dibuat untuk menunjang aktivitas bisnis dan perusahaan skala besar serta Instansi Pemerintah dan organisasinya.

Vmeet-Pro digunakan oleh Pemprov Jabar untuk menyelenggarakan program Deskpilkada
Vmeet-Pro digunakan oleh Pemprov Jabar untuk menyelenggarakan program Deskpilkada
Saat ini Posluhdes Karangtawang yang tergabung dalam kegiatan penyuluhan dari berbagai desa di Jawa Barat aktif menggunakan VMeet PRO sebagai alat penunjang program Jarkomluhdes (http://jarkomluhdes.id) dimana dengan bantuan alat seperti VMeet PRO, Para Penyuluh mampu saling berbagi informasi lebih akurat dengan interaksi seakan bertatap muka secara lansung.

Selain untuk perangkat computer atau laptop, Vmeet Softfoundry juga bisa dijalankan pada perangkat mobile Anda. Lalu apa saja kelebihan Vmeet Softfoundry yang bisa Anda rasakan

Vmeet-Pro digunakan oleh Pemprov Jabar untuk menyelenggarakan program Deskpilkada
Terdapat berbagai macam fitur dalam aplikasi VMeet video conference, diantaranya adalah:


  • Video call dan video conference
  • Whiteboard Online presentation telepresence
  • Chatting Video Call
  • File sharing (file, image dan video)
  • Vote

Video call dan video conference
Karena diperuntukkan kepada para pebisnis dan perusahaan besar, Vmeet Softfoundry dapat menunjang aktivitas video conference dengan banyak peserta. Sebuah conference bisa menampung hingga 81 orang dalam sekali tayang. Conference yang berlangsung juga bisa di-setting agar fleksibel dengan komunikasi satu arah atupun komunikasi dua arah.

Komunikasi satu arah biasanya cocok untuk menayangkan acara seminar jarak jauh yang terbagi diberbagai daerah. Chairman sebagai pusat acara bisa men-setting tampilan agar setiap peserta hanya melihat kegiatan di sana saja. Walau begitu, peserta lainnya tetap dapat melakukan komunikasi dengan melakukan  “raise hand” dan moderator Vmeet software akan memfasilitasinya.

Sedangkan, untuk komunikasi satu arah Vmeet Softfoundry bisa digunakan dalam kegiatan kuliah jarak jauh. Setiap peserta dapat melihat peserta lain dan bisa saling berkomunikasi langsung layaknya di dalam sebuah kelas perkuliahan.

Tidak lupa juga, Vmeet Softfoundry juga bisa digunakan untuk video call antar dua orang saja.


Whiteboard Online presentation telepresence

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Vmeet software dapat digunakan dalam kegiatan perkuliahan. Salah satu fitur yang sangat membantu kegiatan ini adalah online presentation. Dosen sebagai pengajarnya cukup mengupload bahan presentasi dari Power Point saja. Setelah itu proses perkuliahan pun bisa dimulai.

Selama presentasi berlangsung, dosen ataupun mahasiswa bisa menambahkan gambar atau penanda pada slide presentasi. Fitur ini sangat memudahkan untuk melakukan diskusi tentang materi tertentu.


Chatting Video Call

Semua aplikasi video call pasti menyediakan fitur chatting juga. Tidak hanya untuk obrolan dua orang saja, tapi juga bisa untuk obrolan dengan banyak orang. Seperti di dalam seminar atau perkuliahan jarak jauh, sesama peserta bisa melakukan chatting untuk berdiskusi.


File sharing (file, image dan video)

Vmeet Softfoundry menanamkan fitur file sharing untuk memudahkan penggunanya berbagi file. Fitur ini sangat berguna bagi peserta kuliah online. Setelah selesai, dosen bisa mengupload materi kuliah yang kemudian dikirim secara otomatis kepada pada mahasiswanya. Setiap mahasiswa bisa mendownload dan menyimpannya di perangkat masing-masing.

Fitur file sharing di Vmeet Softfoundry bisa digunakan untuk mengirim berbagai macam file. Seperti gambar, file dokumen pdf, excel, maupun power point dengan kapasitas yang cukup besar. Mengirim pesan atau file di Vmeet software semudah mengirim email.


Vote

Pemilihan Suara melalui Vmeet Softfoundry juga bisa dilakukan ketika moderator melakukan pemilihan suara dalam sebuah perbincangan multi-user dengan meminta audience untuk memilih.

Dan ada akaan datang VMeet mungkin akan lebih banyak diintergrasi dengan pelbagai fitur menarik lainya untuk kemudahan penggunanya.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post